Search

Sejarah Teh Celup dan Sariwangi di Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Nama Sariwangi tentu tak asing lagi di telinga. Itu adalah nama salah satu merek teh celup paling populer di Indonesia.

Belakangan, Sariwangi mendadak jadi sorotan. Ia dikabarkan pailit akibat utang yang melilitnya.

Sariwangi dikenal sebagai salah satu pelopor teh celup di Indonesia. Selama lebih dari empat dekade, Sariwangi menghiasi setiap cangkir teh orang-orang Indonesia.

Tak cuma di Indonesia, produk Sariwangi juga bahkan pernah melanglangbuana ke berbagai penjuru dunia. Tercatat, Siriwangi telah diekspor ke beberapa negara seperti Amerika Serikat, Australia, Inggris, Timur Tengah, Rusia, dan baru-baru ini Malaysia.


Menyitat laman resminya, Sariwangi berdiri sejak 1962 oleh Johan Alexander Supit. Secara resmi, ia berdiri dengan nama PT sariwangi Agricultural Estate Regency.

Meski telah berdiri sejak 1962, namun Sariwangi baru diperkenalkan pada publik sebagai produk teh celup asli Indonesia pada beberapa tahun kemudian.

Awalnya, teh ini diperkenalkan dengan nama Teh Celup pada tahun 1972. Namun pada 1973, ia resmi diperkenalkan pada publik sebagai 'Sariwangi'.

Budaya teh celup sendiri dimulai sejak Thomas Sullivan, seorang pedagang teh dan kopi dari New York, Amerika Serikat, mengirim sampel teh dalam kantong sutra kecil kepada para pelanggannya.

Kantong sutra dipilih Sullivan atas alasan ekonomis. Penggunaan kaleng untuk kemasan teh dianggapnya bakal memakan biaya yang lebih besar.


Awalnya, tak semua pelanggan Sullivan mengerti penggunaan teh celup. Mereka pikir, teh celup tak ubahnya teh bubuk yang langsung 'ditumpahkan' pada air panas. Alhasil, mereka juga langsung 'melempar' teh celup tersebut ke air panas.

Sejak saat itu, kepopuleran teh celup melonjak dan mulai dipasarkan secara komersial pada sejak 1904 silam.

Sariwangi sendiri berdiri di tengah kemerosotan pasar teh daun Indonesia. Saat itu, teh daun berbentuk bubuk yang disajikan dengan cara disaring dianggap kuno dan tidak praktis.

Mengambil celah itu, nama Sariwangi kian melejit. Ia menjadi jawaban 'ngeteh' praktis bagi warga Nusantara. Berkat itu pula, teh pelan-pelan menjadi bagian dari gaya hidup orang Indonesia. (asr/chs)

Let's block ads! (Why?)


October 18, 2018 at 03:42PM
via CNN Indonesia https://ift.tt/2yKLjIC
RSS Feed

If New feed item from http://ftr.fivefilters.org/makefulltextfeed.php?url=https%3A%2F%2Fwww.cnnindonesia.com%2Frss&max=3, then Send me an em


Unsubscribe from these notifications or sign in to manage your Email Applets.

IFTTT


Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sejarah Teh Celup dan Sariwangi di Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.